5 Negara dengan Jalan Raya Teraman di Dunia

Jalan raya Panama

Traveling dengan mobil jadi salah satu cara menghabiskan liburan yang asyik. Jika Anda takut dengan jalan yang berbahaya, berikut 5 negara dengan jalan raya paling aman di dunia. Di mana saja?India dinilai memiliki jalan raya paling mematikan karena banyaknya angka kecelakaan. Terlalu sayang dengan nyawa Anda? Dihimpun dari Budget Travel, Senin (30/10/2012) inilah 5 negara yang pas untuk liburan dengan mobil karena memiliki jalan raya paling aman di dunia.

1. Kanada

Jalan raya di Kanada disebut salah satu jalan terbaik di luar AS. Negara di utara Amerika ini memiliki jalan mulus dan petunjuk arah yang lengkap. 12 Dari 13 provinsi yang ada di Kanada masih menggunakan bahasa Inggris sehingga memudahkan para traveler untuk membaca petunjuk jalan.

Selain itu, negara ini memiliki angka kecelakaan yang jauh lebih kecil dibanding angka kecelakaan di Amerika Serikat. Di sini, frekuensi kecelakaan adalah 8,8:100.000. Angka yang dimiliki AS jauh lebih besar yaitu 14:100.000.

2. Norwegia

Sebagai salah satu negara di Skandinavia, Norwegia terkenal dengan penampakan langit yang indah yaitu Aurora Borealis. Meski bisa dinikmati di negara lain, Norwegia memiliki salah satu pemandangan aurora terbaik di dunia. Menikmati tarian cahaya langit nan indah sambil berkendara bisa jadi pilihan liburan yang tidak biasa.

Syukurnya, Norwegia dinobatkan sebagai negara dengan angka kecelakaan paling rendah di dunia. Ini tentu membuat banyak traveler bisa berkendara dengan perasaan lebih aman dan nyaman. Angka kecelakaan yang rendah ini dihasilkan oleh ketatnya peraturan di jalan. Jadi, cek selalu kesediaan kendaraan saat ingin jalan-jalan dengan mobil.

Selama di jalan, Anda tidak boleh memegang ponsel dan harus selalu menyalakan lampu. Setiap mobil juga harus memiliki peralatan keselamatan yang lengkap. Semua masyarakat dan traveler menaati peraturan ini karena tak ingin kena denda atau masuk penjara. Hasilnya, Norwegia memiliki jalan yang sangat aman sehingga Anda tak perlu kuatir kecelakaan.

3. Jerman

Lagi-lagi, peraturan ketatlah yang membuat suatu jalan raya jadi aman untuk dilalui. Jerman memiliki sederet peraturan yang wajib dipatuhi oleh setiap orang yang lalu-lalang di jalan raya. Kecepatan rata-rata untuk kendaraan di sini berkisar pada 60 km/jam.

Banyak jalan raya di Jerman yang memiliki batas kecepatan yang dinamis. Batas tersebut bisa berubah terantung angka kemacetan dan kondisi cuaca pada hari itu. Seperti biasa, setiap mobil di sini wajib memiliki peralatan serta P3K yang lengkap. Juga, harus menggunakan ban khusus salju saat musim dingin.

Di luar peraturannya yang ketat, berkelana di jalan raya Jerman sangatlah menyenangkan. Jalurnya lebar dan dilengkapi dengan pemandangan cantik di kiri dan kanannya. Belokan di sini minim yang patah dan aspalnya pun anti cuaca dingin sehingga tidak akan beku tertutup es.

4. Italia

Jalanan di Italia pernah sangat liar dan penuh dengan kekacauan. Namun kini, Italia masuk dalam kategori salah satu tempat teraman untuk berkendara. Namun momok itu tidak sepenuhnya salah. Karena sebelum diterapkan peraturan berkendara yang ketat, Italia masuk dalam kategori teratas dalam jalan paling berbahaya di Eropa.

Ingin merubah nasib, Italia pun menerapkan beberapa peraturan ketat bagi para pengendara. Jauh-jauhlah dari minuman keras dan obat-obatan terlarang jika ingin berada di balik kemudi. Jika tidak, siap-siap berakhir di penjara. Setelah menerapkan peraturan bagi para pengendara, setidaknya angka kecelakaan turun sebesar 43,7 persen.

5. Panama

Panama memiliki garis pantai sepanjang 1.600 km, lebih dari 1.500 kepulauan dan hampir 1.000 jenis burung. Dengan berlimpahnya keindahan itu, banyak sekali traveler yang ingin roadtrip atau berkendara dengan mobil mengelilingi Panama. Seakan tahu potensi alam yang kaya, negara di Amerika Latin ini pun melengkapi jalan rayanya dengan standar internasional.

Jalannya mulus dan memiliki 4 jalur sehingga cukup lebar bagi mobil yang lalu-lalang. Keamanan berkendara di negara ini sudah makin baik terlihat dari turunnya angka kecelakaan sebesar 47 persen dibanding tahun 2010-2011. Agar lebih memanjakan para wisatawan, jalan-jalan di sini pun akan makin dilengkapi dengan petunjuk arah yang lebih jelas, juga dengan petunjuk ke tempat wisata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s